7 Tips Sukses Bisnis

Relatif mudah untuk mendirikan bisnis baru tetapi tantangan sebenarnya terletak pada menghadapi persaingan yang ketat dan untuk merangsang pertumbuhan selama bertahun-tahun. Salah satu alasan utama mengapa sebagian besar bisnis menghadapi waktu yang sangat sulit adalah kurangnya rencana pemasaran yang tepat dan fokus yang minimal pada branding. Lagi pula, hanya ketika Anda dapat memasarkan produk Anda dengan benar ke segmen target Anda, Anda memiliki kesempatan untuk menghasilkan pendapatan untuk memajukan bisnis Anda.

Sementara keberhasilan bisnis sangat bergantung pada upaya terpadu dari berbagai fungsi utama, di tahun-tahun awal sangat penting untuk fokus pada branding. Upaya branding Anda harus cukup kuat tidak hanya untuk memperkenalkan nama perusahaan Anda ke segmen target Anda, tetapi juga berdampak pada mereka. Untuk bisnis baru, strategi pemasaran dan branding harus mampu membangun kehadirannya, menciptakan pengenalan nama, membangun kredibilitas di antara segmen pasar sasaran dan berkontribusi pada status dan reputasinya. Berikut adalah tujuh tips yang benar-benar akan membantu Anda mencapai kesuksesan dengan bisnis baru Anda.

  1. Tulis Rencana Bisnis Anda – Ini harus menjadi langkah pertama. Mungkin kesalahan paling umum dan terbesar yang dilakukan sebagian besar pengusaha adalah tidak membuat dokumentasi yang tepat dari rencana bisnis mereka. Kita semua tahu apa yang kita rencanakan; namun penting untuk menuliskannya dalam rencana bisnis formal. Itu selalu lebih mudah untuk mengikuti rencana tertulis. Rencana bisnis Anda harus berisi deskripsi bisnis Anda. Tujuan, strategi dan anggaran pemasaran, Tinjauan bisnis, sarana dan prasarana, deskripsi produk dan layanan, Tinjauan industri, Isu Peraturan, Rencana implementasi dan rencana keuangan.
  2. Fokus pada Branding Anda – Lakukan semua yang Anda bisa untuk mempromosikan merek Anda. Dapatkan logo yang dirancang secara profesional yang secara tepat mewakili bisnis Anda kepada publik. Dapatkan kartu nama, kop surat, brosur, dan jaminan pemasaran Anda yang dirancang dan dicetak oleh desainer profesional dan percetakan. Pastikan desain logo Anda ditempatkan dengan benar di semua ini. Jangan lupa berdoa untuk logo DIY dan solusi branding yang murah, mungkin menghemat sedikit $$ bagi Anda untuk memulai tetapi itu benar-benar akan memengaruhi citra merek Anda.
  3. Buat Kehadiran Web – Yang terpenting setiap bisnis, terlepas dari ukurannya, memiliki situs webnya sendiri. Sebagian besar pengguna melakukan riset awal mereka di web sebelum membuat keputusan pembelian. Adalah penting bahwa mereka dapat menemukan Anda pada tahap itu. Juga situs web menambah nilai pada merek Anda dan memberi Anda media tambahan untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Dapatkan situs web Anda dirancang dan dikembangkan oleh pengembang web profesional. Situs web Anda harus menjadi perpanjangan merek Anda dan memberikan informasi gratis ke brosur dan materi cetak Anda. Cobalah untuk memperbarui situs web Anda secara teratur dengan informasi yang berguna, ini memberi pengunjung Anda alasan untuk meninjau situs web Anda secara teratur.
  4. Buat Strategi Periklanan – Sebagian besar organisasi bisnis berinvestasi dalam periklanan tetapi seringkali bisnis tidak mendapatkan ROI maksimum untuk biaya periklanannya karena strategi periklanan tidak efektif atau terkadang, tidak ada strategi tetap. Pastikan iklan Anda ditargetkan secara khusus di pasar Anda; misalnya, jika Anda adalah toko lokal, tidak masuk akal bagi Anda untuk beriklan di media global, melainkan surat kabar lokal adalah pilihan yang lebih baik untuk Anda. Konsisten dalam upaya periklanan Anda. Semakin banyak pelanggan Anda melihat iklan perusahaan Anda, semakin dalam dampaknya terhadap mereka. Telah diamati bahwa film komersial berdurasi 5 menit yang ditayangkan 10 kali menghasilkan dampak yang lebih besar pada konsumen daripada film komersial berdurasi 50 menit. Untuk komposisi iklan Anda, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan agen PR. Jika Anda mencobanya sendiri, pastikan iklan Anda memberi pelanggan alasan kuat untuk menghubungi Anda dan bahwa merek serta USP Anda disajikan dengan benar.
  5. Publisitas adalah Kuncinya – Ya, lakukan apa pun yang Anda bisa untuk memajukan bisnis Anda. Ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk publisitas. Kirim siaran pers yang mengumumkan pembukaan besar untuk bisnis baru Anda, dengan deskripsi singkat tentang produk dan layanan Anda. Buat siaran pers Anda singkat, bebas kesalahan, dan menarik. Tulis surat kepada editor surat kabar dan majalah lokal tentang industri dan produk Anda. Kirim siaran pers lebih lanjut untuk meliput acara bisnis lainnya. Misalnya, jika Anda memenangkan penghargaan bisnis, mendapatkan keanggotaan dalam organisasi profesional, menawarkan layanan untuk amal apa pun, atau bahkan Anda menyewa industri yang diakui untuk posisi penting dalam bisnis Anda. Cobalah menulis artikel dan ulasan untuk publikasi lokal dan majalah industri. Ini akan membantu membangun kredibilitas Anda sebagai seorang ahli dan akan menambah nilai merek bisnis Anda juga. Jumlah kepercayaan yang diberikan orang pada pakar semacam itu lebih dari yang bisa Anda peroleh dengan membeli slot iklan terbaik di majalah teratas.
  6. Jaringan Bisnis – Dari mulut ke mulut jelas merupakan bentuk iklan terbaik dan semakin Anda mengembangkan jaringan bisnis Anda, semakin Anda bisa mendapatkan publisitas tersebut. Cobalah bergabung dengan organisasi profesional di industri Anda; menjadi anggota Kamar Dagang; menghadiri pertemuan jaringan dan acara khusus yang memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang. Relawan untuk bergabung dengan LSM, bergabung dengan organisasi amal atau dewan sekolah. Anda tidak hanya akan membayar komunitas Anda tetapi juga menempatkan diri Anda dan bisnis Anda di depan publik.
  7. Ukur, Analisis, dan Putuskan – Ini harus menjadi proses yang berkelanjutan dalam siklus hidup bisnis Anda. Anda telah mempresentasikan rencana bisnis tetapi ini tidak berarti bahwa Anda akan mengikutinya secara membabi buta. Ukur hasil yang Anda dapatkan dari semua upaya yang Anda lakukan dalam bisnis Anda. Lihat apakah itu lebih atau kurang dari yang Anda proyeksikan. Analisis alasan untuk setiap varians, apakah positif atau negatif, dan kemudian gunakan hasil analisis ini untuk membuat keputusan yang terdidik untuk masa depan. Anda harus ingat bahwa Anda tidak bisa terlalu cepat menilai sesuatu. Untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang proses bisnis Anda, Anda harus memberi mereka cukup waktu untuk menjalankannya, yang akan memungkinkan Anda memiliki cukup data untuk melakukan analisis yang berguna.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *