Bagaimana Mengidentifikasi Perbedaan Bisnis Kecil Anda dan Mengapa

Ketika Anda adalah pemilik usaha kecil, ada kalanya skala perusahaan yang lebih besar dapat membuat Anda kewalahan. Pada titik ini, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang Anda miliki yang akan membuat calon pelanggan memilih merek Anda daripada merek lain. Faktor khusus ini adalah pembeda bisnis dan membantu konsumen di pasar mengidentifikasi Anda dan membedakan Anda dari merek lain.

Membedakan perusahaan Anda dari perusahaan lain adalah bagian penting dalam mengembangkan merek, dan itu menjadi lebih sulit selama beberapa tahun terakhir karena tidak hanya cukup untuk menjadi lebih baik dari yang lain; kamu harus berbeda. Anda mungkin belum menyadarinya, tetapi menjadi bisnis kecil adalah pembeda tersendiri, Anda perlu memanfaatkannya dan memasarkannya secara memadai. Inilah cara Anda membedakan bisnis kecil Anda.

Analisis Persaingan Anda

Menemukan pembeda Anda dimulai dengan mempelajari hal-hal yang membuat pesaing Anda berbeda. Anda perlu mempertahankan posisi netral dan mengevaluasi pesaing Anda untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka. Apa yang mereka tawarkan? Apa yang mereka lakukan lebih baik dari Anda? Bagaimana mereka melayani pelanggan mereka?

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda menemukan titik lemah dan kuatnya, serta poin Anda sendiri. Pada titik ini, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin mengubah arah bisnis Anda menjadi lebih baik dari pesaing Anda atau aspek pasar dari merek Anda yang ada.

Biasakan diri Anda dengan Pengalaman Pelanggan

Manfaat menjadi pemilik usaha kecil adalah secara pribadi mengalami kehidupan konsumen biasa. Dengan mengetahui kelemahan customer experience perusahaan skala besar, Anda tahu apa yang perlu dikembangkan di perusahaan Anda sendiri. Namun, ketika mengerjakan pembeda, sudah waktunya untuk memulai lebih awal sehingga Anda harus memetakan berbagai aspek untuk menjadi pelanggan. Apa yang mereka hargai? Apa yang mencegah mereka membeli?

Anda perlu menemukan cara untuk membangun kesadaran konsumen akan kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh perusahaan Anda. Hanya setelah konsumen menyadari bahwa mereka membutuhkan sesuatu, mereka akan mencari merek yang dapat memberi mereka solusi. Anda perlu mengevaluasi bagaimana target demografis Anda membuat keputusan pembelian dan apakah merek Anda sejalan dengan proses pemikiran itu atau tidak.

Pendekatan yang salah adalah berfokus hanya pada produk Anda karena bukan itu yang ditekankan pelanggan saat membeli produk. Cara terbaik adalah menangani berbagai aspek pengalaman pelanggan dan mengembangkan semuanya.

Ketahui Kekuatan Anda

Kekuatan pertama dan terpenting dari menjadi bisnis kecil adalah memberi pelanggan perhatian yang mereka butuhkan. Karena Anda tidak mengelola cabang di mana pun, Anda dapat meminimalkan basis pelanggan.

Selain itu, setiap bisnis memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan merek lain. Ini bisa berupa pemasaran Anda yang luar biasa, program loyalitas pelanggan Anda, atau pendekatan Anda terhadap layanan pelanggan. Selain itu, usaha kecil beroperasi berdasarkan nilai, sehingga mereka memahami kebutuhan dan keinginan orang biasa.

Terlibat dalam Komunitas

Komunitas tempat Anda beroperasi harus menjadi fokus Anda sambil memperluas jangkauan Anda. Dengan memengaruhi komunitas Anda, merek Anda secara otomatis mendapatkan reputasi di antara merek lain di area tersebut. Orang-orang di distrik Anda akan mendukung merek Anda karena hal itu akan berdampak positif pada komunitas mereka.

Pentingnya Memiliki Pembeda

Memang benar bahwa merek membutuhkan pembeda yang memberi mereka keunggulan kompetitif atas pesaing bisnis, tetapi merek Anda lebih membutuhkannya sebagai bisnis kecil. Ini karena perusahaan besar sudah dapat menawarkan harga yang lebih baik karena praktik manufaktur yang lebih murah dan akses ke bahan baku dengan biaya lebih rendah.

Oleh karena itu, memiliki pembeda pasar yang teratur akan membantu konsumen memilih merek Anda meskipun ada perbedaan antara apa yang dapat Anda dan merek yang lebih besar tawarkan. Namun, memiliki pembeda tidak hanya diperlukan untuk membedakan merek Anda dari orang lain. Dengan mengetahui hal-hal yang dapat Anda lakukan lebih baik daripada perusahaan lain, Anda akan memiliki pandangan yang jelas tentang hal-hal yang perlu Anda fokuskan saat merencanakan kampanye pemasaran.

Upaya pemasaran yang terencana dan terarah akan membantu Anda mempertahankan pelanggan dan meningkatkan tingkat promosi Anda di antara orang-orang di luar komunitas Anda. Tanpa pembeda yang kuat, Anda tidak akan bisa bersaing dengan orang lain secara langsung.

Pada saat yang sama, Anda perlu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan transparansi dengan menghindari kelebihan profil merek Anda. Dengan membuktikan diri lebih baik daripada pesaing dalam ‘segalanya’, Anda berisiko kehilangan pelanggan yang berharga. Itulah alasannya; Anda perlu menguji semua pembeda Anda untuk melihat apakah itu benar, dapat dibuktikan, dan relevan.

Hanya pasarkan hal-hal tentang merek Anda yang Anda yakini benar, dan untuk mendapatkan kepercayaan audiens, Anda harus membuktikannya; baik melalui skema ‘lihat ke bengkel kami’ atau pengujian kualitas. Terakhir, diferensiasi Anda harus relevan. Pelanggan tidak akan mempertimbangkan aspek merek Anda yang tidak mereka pedulikan atau jika itu tidak menguntungkan mereka. Untuk menarik kesimpulan, Anda perlu merenungkan kepribadian kelompok Anda dan menemukan sesuatu tentang Anda usaha kecil kecilan yang membedakannya dengan yang lain.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *