Empat Tingkat ‘Kurva Perubahan’ yang Harus Diketahui Pemilik Usaha Kecil

‘Change Curve’ adalah alat yang berguna bagi usaha kecil untuk memahami tahap transisi pribadi yang dilalui setiap karyawan. Kubler Ross mengembangkan model ini untuk menggambarkan proses kesedihan (Shock and Denial, Anger and Fear, Acceptance and Commitment).

Model ini membantu pemilik usaha kecil memprediksi bagaimana karyawan akan merespons perubahan, dan memberi saran tentang cara membantu dan mendukung karyawan melalui transisi pribadi mereka.

Organisasi tidak berubah hanya karena sistem atau proses baru. Itu berubah ketika orang-orang dalam organisasi beradaptasi dan berubah. Hanya ketika orang-orang dalam organisasi membuat transisi pribadi mereka sendiri, organisasi dapat memperoleh manfaat dari perubahan itu.

Model Kurva Perubahan

Model ‘Ubah Kurva’ membantu pemilik usaha kecil memahami tahapan transisi pribadi dan perubahan organisasi. Model ini terdiri dari empat tahap yang dilalui karyawan saat mereka beradaptasi dengan perubahan.

Tahap – 1: Kejutan dan penolakan

Tahap – 2: Kemarahan dan ketakutan

Level – 3: Penerimaan

Peringkat – 4: Komitmen

Peringkat – 1: Kejutan dan penolakan

Ini adalah reaksi pertama yang diperhatikan pemilik usaha kecil pada karyawan mereka – mereka menanggapi tantangan terhadap status quo. Reaksi ini lebih terlihat pada karyawan yang berpengalaman dan mapan karena karyawan ini tidak peduli dengan sistem dan prosedur baru. Mereka merasa tidak nyaman karena takut akan hal yang tidak diketahui, takut melakukan sesuatu yang salah dan kurangnya informasi. Mereka merasa terancam dan takut gagal. Dalam situasi ini, mereka biasanya menganggapnya sebagai gesekan daripada peluang.

Apa yang dibutuhkan karyawan di sini?

Karyawan mungkin mengalami penilaian ini beberapa kali. Untuk mengatasi hal ini, karyawan membutuhkan informasi, perlu memahami apa yang terjadi dalam organisasi dan perlu mengetahui bagaimana mendapatkan bantuan dari organisasi.

Catatan: Tahap ini terutama mempengaruhi karyawan yang belum pernah mengalami perubahan besar sebelumnya.

Apa yang perlu dilakukan organisasi?

Pada tahap ini, pemilik bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan karyawan mereka dan mendidik mereka tentang manfaat yang akan mereka peroleh dengan beradaptasi dengan sistem baru – secara pribadi dan profesional. Ingatlah untuk tidak membebani karyawan Anda dengan membanjiri mereka dengan banyak informasi sekaligus, atau mereka mungkin lebih bingung.

Peringkat – 2: Marah dan takut

Ini adalah tahap kedua yang terlihat pada karyawan. Ketika karyawan merespons perubahan, mereka mulai mengekspresikan kemarahan, kekhawatiran, kebencian, atau ketakutan mereka. Mereka mungkin menentang perubahan secara aktif atau pasif. Tahap ini bisa berbahaya dan jika organisasi tidak mengelolanya dengan hati-hati, dapat menyebabkan kekacauan.

Apa yang perlu dilakukan organisasi?

Pada tahap ini, pemilik usaha kecil harus menangani keberatan karyawan dengan hati-hati. Karena respons terhadap perubahan bersifat pribadi dan emosional, tidak mungkin untuk mencegahnya terjadi. Oleh karena itu, organisasi harus mencoba mengatasi pengalaman karyawan dan memecahkan masalah sedini mungkin.

Catatan: Selama karyawan tetap berada di Tahap – 2 Kurva Perubahan dengan menghindari kemajuan, perubahan tidak akan berhasil.

Peringkat – 3: Penerimaan

Ini adalah titik balik bagi karyawan serta organisasi karena karyawan telah berhenti berfokus pada apa yang telah hilang dan mulai menerima perubahan. Mereka mulai mengeksplorasi perubahan, dan mendapatkan gambaran nyata tentang apa yang baik dan apa yang tidak dan bagaimana beradaptasi dengan tepat.

Apa yang perlu dilakukan organisasi?

Tahap ini sangat penting – karyawan meluangkan waktu untuk belajar dan menerima sesuatu. Jadi jangan berharap karyawan Anda 100% produktif selama tahap ini. Beri mereka waktu agar mereka bisa belajar dan menjelajah tanpa banyak stres.

Peringkat – 4: Komitmen

Pada tahap ini, akan ada komitmen dari karyawan dalam menganalisis dan menerima perubahan. Mereka mulai membangun kembali cara mereka bekerja dan ini adalah tahap di mana organisasi mulai melihat manfaat dari perubahan.

Manfaat perubahan

Pada tahap ini organisasi akan melihat manfaat dari memperjuangkan kesejahteraan karyawannya ketika mereka dalam keadaan berduka. Efek positif dari Kurva Perubahan sekarang lebih nyata melalui produktivitas dan profitabilitasnya.

Kurva Perubahan adalah model yang efektif untuk pemilik usaha kecil saat mengelola karyawan. Melacak karyawan pada kurva perubahan akan membantu pemilik bisnis memutuskan bagaimana mengkomunikasikan informasi secara efektif kepada karyawan dan mengetahui jenis dukungan yang mereka butuhkan. Ini membantu mereka mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan melindungi bisnis dan karyawan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *